Cara Mencari Kaki Common Start Running (CSR) pada Kompresor AC Konvensional

Cara Mencari Kaki Common Start Running (CSR) - Kompresor AC adalah komponen penting dalam sistem pendingin udara. Kompresor ini memiliki tiga terminal, yaitu Common ©, Start (S), dan Run ®, yang biasa disebut CSR. Mengetahui posisi terminal ini sangat penting saat melakukan perbaikan atau penggantian kompresor. Berikut adalah cara mencari kaki CSR pada kompresor AC convensional.

Cara Menentukan Kaki CSR Pada Kompresor AC

Ada beberapa cara yang biasa digunakan dalam mencari kaki CSR pada kompresor AC, yang pertama dengan menggunakan multimeter dan yang kedua dengan melihat tulisan yang ada pada penutup kaki CSR itu sendiri yang ada pada sisi atas kompresor.

Alat yang Dibutuhkan

Untuk mencari kaki CSR, alat yang dibutuhkan adalah multimeter atau tang ampere dan kabel pengukur (probe).

Langkah-langkah Mencari Kaki CSR

  1. Atur skala multimeter atau tang ampere pada posisi ohm.
  2. Sebelum mulai mengukur, pastikan semua hubungan kabel-kabel dari terminal dilepas.
  3. Ukur terminal kompresor dan cari yang tahanannya paling besar. Jika sudah ketemu terminal yang paling besar, maka terminal yang tidak terukur adalah terminal Common (C).
  4. Setelah ketemu terminal Common (C), kemudian salah satu probe ditempelkan pada terminal Common (C) tersebut. Kemudian probe yang satunya ditempelkan pada dua terminal lainnya secara bergantian, maka akan ada perbedaan hambatan. Ukur terminal kompresor yang belum diketahui dan cari yang hambatannya paling kecil. Jika sudah ketemu terminal yang hambatannya paling kecil, maka terminal tersebut adalah terminal Running (R).
  5. Jika terminal C dan R sudah diketahui, maka satu terminal lagi adalah terminal Start (S).
  6. Lihat pada gambar dibawah ini.
Cara Mencari Kaki Common Start Running (CSR) pada Kompresor AC Konvensional

Kesimpulan

Mencari kaki CSR pada kompresor AC convensional bukanlah tugas yang sulit jika Anda tahu caranya. Dengan menggunakan multimeter dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menentukan posisi terminal CSR pada kompresor AC Anda.
Next Post Previous Post